Sensasi Keindahan Tanjung Menangis

Romantis, menikmati pantai biru yang tenang

Tanjung Menangis
Siap Terjun ke Laut, Memicu Adrenalin

Di Pulau Sumbawa, tepatnya di bagian timur ada sebuah tanjung dengan nama yang cukup unik, yaitu Tanjung Menangis.  Meskipun namanya bernuansa menyedihkan, namun tanjung ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan ciri khas batu karang yang menjulang tepat berada di tepi laut yang perairannya pirus.  Sungguh sangat menakjubkan!

Keindahan Tanjung Menangis tidak semata di darat saja, tapi juga memiliki keindahan bawa lautnya yang sangat menggoda.  Yah, siapapun yang melihat panorama bawah lautnya, pasti ingin segera menceburkan diri dan menikmati pemandangan bawah laut ini.

Tanjung Menangis
Air laut nan jernih, photo by Blog Harry

Tanjung Menangis yang terletak di Kecamatan Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa ini, memiliki pantai dengan airnya yang berwarna biru jernih bersanding dengan karang terjal nan eksotik.  Pantainya dengan hamparan pasir putih menjadi satu kesatuan nan selaras dengan laut dan karang.  Panorama alam yang tercipta pun menghanyutkan Traveler dalam suasana yang romantis, menikmati pantai biru yang tenang dengan dibentengi tebing-tebing karang nan kokoh.  Pantai yang indah dengan suasana yang tenang membuat siapa pun yang datang semakin terpikat untuk berkunjung dan berkunjung lagi.

Di ujung tebing Tanjung Menangis, ada sebuah tower yang juga sering di gunakan untuk memantau keadaan laut.  Keberadaan tower ini pun seringkali dijadikan spot berselfi ria.  Jangan lupa untuk menaiki mercusuar ini, supaya bisa menikmati pemandangan cantik seluruh Tanjung Menangis dengan maksimal.  Tanjung Menangis yang lokasinya jauh dari keramaian, sudah pasti membuat Traveler merasa nyaman dan betah berlama-lama menghabiskan waktu disini.

Tanjung Menangis
Tower, menikmati pemandangan cantik seluruh Tanjung Menangis

Bagi penyuka kegiatan ekstrim, tebing-tebing di Tanjung Menangis siap memanjakan keinginan untuk terjun bebas ke bawah laut.  Yah, memacu adrenalin dengan terjun bebas dan merasakan sensasi yang berbeda, sungguh sangat luar biasa. Dan bawah lautnya pun juga menjadi tempat yang menarik untuk snorkeling, memanjakan mata pada keindahan biota bawah laut.

Asal Usul Tanjung Menangis

Kilas balik arti sebuah nama, memang selalu membuat siapa pun penasaran dan ingin mencari tahu. Seperti Tanjung Menangis ini, yang memiliki legenda yang turun temurun sudah dipercaya oleh masyarakat sekitar, awal mula mengapa tanjung ini bernama Tanjung Menangis.

Pada dahulu kala, ada seorang putri dari Datu Samawa terjangkit penyakit yang sangat aneh. Sudah banyak tabib dan ahli pengobatan di Sumbawa didatangkan, namun penyakit tersebut tak kunjung sembuh.  Akhirnya, Datu Samawa berjanji akan memberikan hadiah kepada siapapun yang mampu menyembuhkan puterinya. Tak lama datanglah Daeng Ujung Pandang dengan perawakan tua renta. Alhasil, ternyata hanya Daeng Ujung Pandang yang mampu menyembuhkan penyakit puteri.

Tanjung Menangis
Hamparan Pasir Putihnya nan Menggoda, photo by Blog Harry

Sesuai dengan janjinya, tibalah waktunya bagi Datu Samawa untuk membayar janji kepada Daeng Ujung Pandang yang telah menyembuhkan putrinya. Seperti yang telah dijanjikan di awal, Datu harus menikahkan puterinya dengan Daeng Ujung Pandang. Namun sayangnya, karena melihat fisik Daeng Ujung Pandang yang sudah tua renta, Datu Samawa merasa tidak rela untuk menikahkan putrinya dengan Daeng Ujung Pandang.

Sebagai gantinya, Datu Samawa memberikan harta sebanyak-banyaknya kepada Daeng Ujung Pandang, yang penting Daeng tidak jadi menikah dengan putrinya. Namun Daeng Ujung Pandang menolak. Ia kesal dan malu lalu pulang kembali ke Ujung Pandang dengan menggunakan sampan kecil yang dilabuhkan di sebuah tanjung.