Sensasi Keseruan di Curug Mariuk, Bogor

Hadirnya Jacuzzi Alami disini

Curug Mariuk
Mengabadikan Diri Bersama Alam, Photo by @MaudyKoesnaedi

Nama Curug Mariuk, belakangan memang makin sering terdengar.  Merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat memberikan ketenangan dan mengusir segala kegundahan serta keresahan hati.  Curug atau sering disebut air terjun, menjadi satu solusi untuk mengembalikan kesegaran pikiran.  Dan Curug Mariuk merupakan salah satu Curug yang ada di Bogor dengan segala keunikannya.

Sungguh, panorama Curug Mariuk benar-benar menyajikan keindahan alam yang luar biasa, meskipun air yang mengalir di Curug Mariuk tidak terlalu tinggi, namun derasnya air serta kondisi airnya sangat jernih dan bersih.  Siapapun yang melihatnya, pasti langsung jatuh hati!  Apalagi udaranya sangat sejuk dan asri.  Seperti yang dilakukan seorang artis terkenal, Maudy Koesnaedi, yang belum lama ini menikmati perjalanan ke Curug Mariuk ini.

Curug Mariuk
Maudy Sangat Menikmati Curug Ini, Photo by @MaudyKoesnaedi

Dalam curhatan di Instagramnya, wanita yang terkenal dalam akting Zaenad ‘Si Doel Anak Sekolahan’ ini sangat bersyukur dikasih kesempatan untuk bisa menikmati alam seperti di Curug Mariuk ini.

Curug Mariuk memiliki kolam yang tidak terlalu lebar, namun kondisinya seperti jacuzzi alami.   Dengan keberadaan ‘jacuzzi alami’ ini, Traveler dapat berendam dan berenang di sekitar area air terjun ini.  Asyiknya lagi, berendam disini Traveler merasakan seakan berada di kolam pemandian alam pribadi, karena masih jarang didatangi wisatawan.

Sekilas ‘jacuzzi alami’ ini terkesan dangkal, karena airnya yang jernih dan dapat melihat dasar kolam dengan sangat jelas.  Padahal, kedalaman kolam ini mencapai 4 meter sedangkan area kolam yang dekat dengan aliran curugnya mencapai 5 meter.  Wow, cukup dalam bagi perenang pemula.  Untuk itu, sebaiknya membawa pelampung agar bisa nyaman dan aman saat berendam di ‘jacucci alami’ ini.

Curug Mariuk
Menikmasi Sensasi Guyuran Air Terjun, Photo by @MaudyKoesnaedi

Banyak cara untuk menikmati kesegaran air Curug Mariuk ini.  Berendam, berenang, menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian, serta aktifitas yang tidak boleh absen dimanapun Traveler berada yaitu mengabadikan diri bersama alam sekitar dengan berswaphoto.

Berendam dan berenang dikolam yang sangat jernih ini, akan menjadi sensasi yang tak terlupakan.  Rasa nikmatnya pun sulit digambarkan.  Di kolam ini, Traveler dapat berpose dikedalaman airnya tanpa ada yang menghalangi. Berendam sambil menikmati panorama alam sekitar yang sangat menyejukkan, sembari mendengarkan kucuran air mengalir dari pancoran alami, sungguh menjadi moment yang sangat menenangkan hati.  Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Mariuk adalah di musim kemarau, karena airnya akan semakin bening dan jernih.

Curug Mariuk
Perjalanan yang seru menuju curug, Photo by @MaudyKoesnaedi

Kegiatan seru lainnya yang cukup memancing dan menguji adrenalin adalah, melompat dari ketinggian ke dalam kolam ‘jacuzzi alami’ ini.  Yah, di sekitar kolam Curug Mariuk terdapat bebatuan yang cukup besar dengan ketinggian sekitar 2 meter.  Dari tempat ini, Traveler dapat melakukan aksi melompat yang seru, ke dalam kolam tersebut.  Sebenarnya, curug dan kolam ini tidak terlalu besar. Traveler masih bisa menapakkan kakinya pada bagian pinggir atau bibir kolam, namun di tempat yang lebih ke tengah sampai di area jatuhnya air, kaki tidak dapat lagi bisa menyentuh dasar, karena dalam kolam sudah diatas 3 meter.

Lokasi Curug Mariuk berada di Bogor, tepatnya berada di Perbukitan Masihit, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.  Untuk menuju lokasi curuk ini, Traveler dapat memulainya dari pintu tol Citeureup (tol jagorawi). Dari sini, Traveler langsung melanjutkan perjalanan menuju Pasar Citeurep dan Kecamatan Sukamakmur. Lalu, ikuti jalan hingga menemukan pertigaan kemudian belok ke kiri.  Lanjutkan perjalanan menuju Bukit Masigit lalu belok kiri.  Rute lainnya, Traveler dapat melewati Jonggol. Setelah berada di persimpangan Jonggol, arahkan kendaraan menuju persimpangan Leuwi Hejo kemudian menuju persimpangan Cibadak.

Curug Mariuk
Dikelilingi Hijaunya Pepohonan nan Asri, Photo by @MaudyKoesnaedi

Meskipun cukup melelahkan, namun perjalanan menuju Curug Mariuk sangat asyik dan mengesankan.  Jalanan yang berbatu dan masih berupa tanah merah, dilengkapi dengan tebing dan jurang di setiap sisi jalannya, merupakan bagian dari pemandangan alam yang dapat dinikmati Traveler dalam perjalanan ini.   Selain itu, jalanan yang akan dilalui berupa tanjakan dan turunan yang lumayan berliku, juga siap mewarnai kelelahan ini.   Namun, percayalah,  pemandangan yang tersaji yaitu hamparan keindahan alam dan udara yang menyejukkan, akan menepis rasa lelah itu. Apalagi, semakin mendekati area Curug Mariuk,  yaitu ketika mulai menginjakkan kaki menyusuri sungai kecil, Traveler akan makin jelas mendengar deburan air terjunnya.  Suara air terjun ini pun merangsang diri untuk segera sampai membaur bersama air terjun ini.

Keindahan air terjun memang tak pernah bosan untuk dinikmati. Meskipun terkadang jalur untuk menuju kesana sangat sulit dan terjal.  Namun, rasa lelah itu berbalik terlupakan, tertutup oleh keindahan air yang mengalir deras berbalut keindahan panorama sekitar.