Sensasi Keunikan Dubai

Dikenal sebagai kota dengan wisata yang atraktif, luas, menantang, dan menyenangkan, Dubai memiliki pemandangan langit nan modern dan gedung pencakar langit tertinggi. Tak heran, Dubai pun menjadi salah satu negara pilihan favorit untuk berlibur. Karena, begitu banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di Dubai ini.

Palm Jumeirah

Merupakan salah satu dari tiga pulau buatan yang dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab. Pulau Palm Jumeirah berbentuk pohon palem dan dibangun dengan reklamasi tanah oleh salah satu perusahaan milik pemerintah Dubai bernama Nakheel. Pembuatan pulau ini dapat menambah luas pesisir pantai di Dubai hingga 520 km. Sangat luas bukan? Tetapi perlu anda ketahui, ukuran Palm Jumeirah merupakan yang terkecil dibandingkan dua pulau lainnya. Di pulau buatan ini terdapat banyak hotel, apartemen, restoran, berbagai jenis villa, kafe, pantai dan ada juga gedung perkantoran. Bisa dibilang lengkap lah, surganya tempat wisata bagi orang-orang kelas atas. Untuk sampai ke pulau ini, dapat menggunakan monorel atau mobil.

Jumeirah Mosque

Merupakan salah satu mesjid besar dan terpopuler di Dubai. Dapat menampung hingga 1200 jamaah. Bangunannya berdiri dari batu putih berkwalitas tinggi, dengan kubah besar di bagian tengah mesjid dan menara kembar menjulang tinggi di kedua sisinya, menampilkan nuansa arsitektur klasik Mesir di zaman keemasan Islam. Jumeirah Mosque merupakan satu-satunya mesjid di UEA yang memperbolehkan semua turis, termasuk non muslim dengan mematuhi syarat berpakaian Islami, untuk memasuki mesjid ini. “Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding” mengatur kunjungan ke Masjid Jumeirah untuk non-Muslim, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman budaya dan sebagai wawasan untuk mengenal lebih dalam agama Islam. Wisata untuk umum ini dibuka setiap hari Sabtu, Minggu, Selasa dan Kamis pada pukul 10.00 (anak-anak harus di atas 5 thn). Memang, Masjid Jumeirah bukan hanya sebagai sarana ibadah bagi kaum Muslim, melainkan juga bangunan kebanggaan warga Dubai pada umumnya.

Musium Dubai

Merupakan musium tertua di Dubai yang terletak di Benteng Al Fahidi. Benteng ini dibangun tahun 1787 dan dianggap sebagai bangunan tertua di Dubai. Museum ini dibuka oleh pemimpin Dubai pada tanggal 12 Mei 1971, dengan tujuan menceritakan cara hidup tradisional di Emirat Dubai, jauh sebelum minyak ditemukan. Berisi benda-benda antik lokal juga artefak dari negara-negara Afrika dan Asia yang berdagang dengan Dubai. Selain itu, disini juga terdapat artefak dari penemuan terbaru yang berusia 3000 SM.

Burj Al-Arab

Sebutan dari menara arab yang didesain oleh Tom Wright yang merupakan sebuah hotel mewah di dubai dengan ketinggian 321 meter dan masuk dalam hotel ke 4 tertinggi di dunia. Dengan bentuk bangunan yang cukup unik, yaitu layar dari sebuah kapal laut, bangunan ini berdiri di sebuah pulau buatan yang berada 280 meter lepas pantai di Teluk Persia. Burj al-Arab juga memiliki atrium lobi tertinggi di dunia, setinggi 180 meter. Hotel ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari restoran, kolam renang, 18 ruang medis, kamar dengan hidroterapi dan pijat, solarium, sauna dan kolam renang, pusat kebugaran, museum, dan perpustakaan. Satu yang paling andalan, ialah keberadaan lapangan tenis tertinggi di dunia yang ada di Burj Al Arab. Lapangan tenis itu dibangun di bagian atas gedung, yang sekaligus bisa difungsikan sebagai helipad. Saking mewahnya, hotel ini mendapat julukan hotel bintang tujuh.

Burj Khalifah

Gedung mewah yang berada di pinggir pantai Burj Al Arab ini, memiliki ketinggian 829,8 meter, hal ini dapat dikatakan dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel. Diresmikan pada tahun 2010, merupakan bangunan tertinggi di dunia dengan memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam, kecepatan tertinggi di dunia. Sebelumnya, gedung ini bernama Burj Dubai, namun akhirnya berganti menjadi nama Burj Khalifah, untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.

Desain bangunan secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani, yang dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction. Melalui Burj Khalifah, anda dapat menikmati keindahan kota Dubai secara keseluruhan.(Kuniel)