Sensasi Mengisi Liburan di Pantai Watu Karung

Raja Ampat-nya Pacitan, Jawa Timut

Sensasi Mengisi Liburan di Pantai Watu Karung
Hamparan bebatuan karangnya menambah eksotis pemandangan, Photo by @thiozard

Mencari sensasi liburan di pantai yang unik, yang beda dari pantai-pantai kebanyakan, ada baiknya Traveler datang mengunjungi Pantai Watu Karung.  Pantai ini terletak di Pacitan Jawa Timur dan memiliki keindahan alamnya yang begitu indah.  Pantai Watu Karung terkenal dengan bertebarannya bongkahan batu-batu karang besar.  Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang asyik untuk berselancar ini.  Tak heran kalau Pantai Watu Karung juga  menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi liburan di pantai.

Selintas, Pantai Watu Karang seperti Raja Ampat Papua Barat, memiliki banyak batu-batu karang besar yang mengelilingi pantainya.  Menciptakan panorama yang begitu indah dan menakjubkan.   Yah, bongkahan batu-batu karang besar yang menyebar ini, menyatu dengan hamparan pasir pantainya yang berwarna putih bersih serta berkolaborasi dengan air lautnya yang biru jernih, menjadi satu pemandangan nan eksotis.  Membuat wisatawan yang datang berkunjung terlena dengan keindahan alam nan indah ini.

Sensasi Mengisi Liburan di Pantai Watu Karung
Susur Pantai, Satu kegiatan yang Menyenangkan, Photo by @jokowarsito

Begitu juga bagi pencinta olah raga surfing atau berselancar.  Pantai Watu Karung memiliki ombak terbaiknya yang memanjakan para peselancar, bahkan ombak kelas dunia yang bisa mencapai ketinggian 5 meter.  Ombak disini cukup terkenal bahkan sampai ke mancanegara karena Pantai Watu Karung terkenal dengan dua tipe ombaknya yang membuat para peselancar kelas dunia merasa tertantang. Ada tipe reef break, yaitu tipe ombak yang cukup membahayakan dan menantang tinggi adrenalin.  Ombak ini cukup tinggi, keras bahkan dentumannya bisa memecahkan karang.  Kelincahan seseorang dalam berselancar di ombak tipe ini, benar-benar diuji.  Satu lagi yaitu tipe barrel, yaitu tipe ombak yang memang banyak dinanti para peselancar. Jika kebetulan menemukan gulungan ombaknya kecil, maka para peselancar akan memainkan trik di udara. Sebaliknya, jika gulungan ombak nya besar, para peselencar akan berusaha untuk bisa masuk ke dalamnya dan mendapatkan tube ride.  Dengan memiliki tipe-tipe ombak seperti ini, membuat Pantai Watu Karung menjadi surga terindah bagi kaum peselencar profesional.

Sensasi Mengisi Liburan di Pantai Watu Karung
Berteman dengan Ombak Dahsyat, Photo by @zsoltlorinczbb

Pantai Watu Karung yang terletak di Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini, memang menjadi inceran wisatawan dari mancanegara untuk berselancar dan mencoba berteman dengan keganasan ombaknya.  Waktu terbaik untuk surfing di pantai ini adalah bulan April hingga Oktober. Dimana angin lepas pantai sedang bertiup kencang hingga membentuk ombak yang menantang.  Sayangnya, saat pandemi ini, perjalanan antar negara sedang tertahan sehingga wisatawan-wisatawan asing untuk saat ini masih dibatasi kedatangannya.

Sensasi Mengisi Liburan di Pantai Watu Karung
Santai di atas Hamparan Pasir Putihnya yang Nyaman, Photo by @ellindiaa

Selain itu, di pantai ini Traveler juga dapat menghabiskan liburan dengan berenang, bermain pasir dan pastinya mengambil banyak photo dengan latar gugusan batu-batu karang yang besar.  Sambil menikmati keindahan pantai ini, Traveler pun akan dimanjakan dengan sajian kuliner pantainya.  Yah, sepanjang pantai ini banyak tempat-tempat makan yang dapat memuaskan hasrat makan para pengunjung pantai. Jika masih ingin menikmati suasana Pantai Watu Karung, Traveler dapat bermalam, mendirikan tenda di sekitar pantai.  Atau dapat juga bermalam di penginapan-penginapan yang letaknya berdekatan dengan pantai ini.

Sensasi Mengisi Liburan di Pantai Watu Karung
Gugusan Batu-Batu Karang, Raja Ampatnya Pacitan, Photo by kurniawan_dony

Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Karung cukup lengkap, seperti Mushola, toilet, penginapan, penyewaan perahu, gubuk tepi laut serta warung makan dan minum. Meski lokasi Pantai Watu Karung agak jauh dari pusat kota, namun tak mengurungkan niat bagi para penikmat pantai untuk datang berkunjung menghabiskan waktu liburnya di Raja Ampatnya Pacitan ini.  Untuk mencapai lokasi pantai ini, Traveler harus menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam dengan menggunakan kendaraan. Asyiknya lagi, jalan menuju ke pantai ini sangat mudah diakses dan aman untuk para pengendara. Bisa dilewati oleh berbagai jenis kendaraan.(Raditya)