Sensasi Menikmati Pantai – Pantai di Blitar

Eksotis dan Penuh Keindahan

Pantai Umbul Waru
Menikmati Ketenangan Yang hakiki di Pantai Umbul Waru

Blitar adalah kota dan juga kabupaten yang lekat dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Karena disini merupakan tempat lahir dan dimakamkannya presiden RI pertama, Bung Karno. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat bersejarah di kota ini.  Selain berwisata sejarah, Blitar juga menjanjikan keindahan dalam panorama pantainya. Begitu banyak pantai-pantai di Blitar mulai dari yang sudah sangat terkenal maupun yang  baru-baru ini ditemukan. Nuansa pantai memang sangat asyik untuk dijadikan tujuan wisata, menghabiskan waktu sambil rehat sejenak keluar dari rutinitas.

Berikut referensi wisata pantai Blitar yang bisa Traveler jadikan destinasi wisata selanjutnya bersama keluarga atau pun sahabat!

Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru merupakan salah satu pantai di Blitar yang masih sepi pengunjung karena lokasinya tersembunyi.  Bagi Traveler yang mengejar ketenangan, menikmati sensasi liburan pantai di sini, sangat tepat.

Selain bisa bersantai di pantai, menikmati panorama laut yang menenangkan, daya tarik yang cukup magnetis dari tempat wisata ini adalah keberadaan air terjun yang mengalir langsung ke lautan lepas.  Sensasi yang cukup unik, berjalan di pantai sembari menikmati guyuran air terjun.  Atau hanya menikmati alam, memandang laut lepas dengan diiringi debur ombak sekitar, beradu dengan kucuran air terjun, menambah indah suasana pantai.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur

Pantai Peh Pulo
Pantai Peh Pulo Versi Mini Raja Ampat-nya Blitar

Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo yang memiliki keindahan tersendiri dengan gugusan pulau-pulau kecil berbentuk karang yang tersebar di sekitaran pantai, menciptakan panorama menarik yang memukau.  Keindahan inilah yang menyebut Pantai Peh Pulo merupakan versi mini dari Raja Ampat-nya Blitar. Pulau-pulau karang tersebut memagari bibir pantai yang berbentuk teluk.  Hal ini pun sekaligus berfungsi untuk memecah ombak Laut Selatan yang terkenal cukup tinggi dan berarus sangat kuat.

Keunikan dan kenyaman Pantai Peh Pulo ini, yaitu tekstur pasir pantainya yang masuh putih bersih dan sangat halus, lembut di kulit.  Hal ini juga membuat Traveler nyaman duduk santai di pantai, menikmati panorama laut dan alam sekitar. Ternina bobo dengan semilir angin pantai yang menyejukkan.

Lokasi: Desa Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur

Pantai Pangi
Hijaunya Pepohonan Mengelilingi Pantai

Pantai Pangi

Pantai Pangi adalah sebuah pantai yang terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blita.  Pantai ini berada ujung barat Kabupaten Blitar, sekitar 45 kilometer dari Kota Blitar atau bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Akses menuju pantai ini masih tergolong minim dan sulit, sehingga suasana pantai masih cukup sepi dari wisatawan.  Suara-suara deburan ombak serta pemandangan yang sangat asri nan menawan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.  Hijaunya pepohonan yang mengelilingi pantai, membuat Pantai Pangi terkesan menyejukkan, semakin menarik untuk disambangi.

Lokasi: Desa Tunpak kepuh, Kec Bakun, Blitar, Jawa Timur

Pantai Pasetran Gondo Mayit
Dikelilingi Perbukitan dan Tebing nan Asri

Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasetran Gondo Mayit adalah salah satu pantai yang berada dalam satu kawasan dengan Pantai Tambakrejo, tapi namanya memang belum begitu populer. Kedua pantai ini hanya dipisahkan oleh sebuah bukit.  Pantai Pasetran Gondo Mayit dikelilingi oleh perbukitan dan tebing nan asri sehingga membuat suasana pantai sangat alami dan menyejukkan. Traveler dapat menghabiskan waktu, baik hanya sekedar bermain air atau pun bersantai di sepanjang hamparan pasir pantainya, menyegarkan pikiran dari penatnya hiruk-pikuk di kota.

Yah, dengan pemandangan pantainya yang indah, yang merupakan perpaduan warna laut yang biru dan pasirnya berwarna putih, membuat pantai ini benar-benar memikat dan menghipnotis Traveler untuk berlama-lama di pantai ini.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur

Pantai Jolosutro
Garis Pantainya Sangat Panjang

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro yang terletak dalam perbatasan antara Blitar dan Malang ini, menyajikan ombak yang tergolong cukup besar, khasnya ombak-ombak di pantai selatan Jawa.  Pantai berpasir hitam yang terletak kurang lebih 45 km sebelah selatan Kota Blitar ini, terletak di sebuah teluk kecil yang diapit perbukitan.

Pantai Jolosutro sangat pas untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga karena pemandangan alamnya yang sangat indah serta hamparan pasirnya yang halus sepanjang bibir pantai.  Pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang dan banyaknya pohon cemara yang ditanam di sepanjang garis pantai, yang menambah asri suasana. Pantai ini juga berada di ujung lembah dimana ada sungai yang bermuara di sebelah timur pantai Jolosutro ini.  Namun demikian, tak disarankan bagi Traveler berenang di laut pantai ini, karena ombak dan arusnya yang sangat tinggi.

Lokasi: Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Blitar, Jawa Timur.

Pantai Tambakrejo
Pantai Tambakrejo yang populer dan ramai dikunjungi

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang paling populer untuk semua kalangan di Blitar maupun luar Blitar. Selalu ramai dikunjungi wisatawan dan memiliki fasilitas yang lengkap di pantai ini. Pantai Tambakrejo yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar yang berjarak kurang lebih 30 kilometer dari Kota Blitar ini, memiliki pasir putih serta air nan jernih.

Selain menikmati keindahan pantai, Traveler bisa melihat kampung nelayan di bibir pantai.  Di sekitar sini juga ada tempat pelelangan ikan, sehingga Traveler dapat membeli hasil tangkapan laut dari para nelayan yang tentunya masih segar.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Nah, siap menyambangi panti-pantai di Blitar?  Buat list pantai mana dulu yang siap disambangi! (Niel)