Situ Cicerem, Wisata Danau Asri yang Penuh Sensasi

Berenang Bersama Ikan-ikan Cantik

Situ Cicerem
Keteduhan dan Ketenangan terpancar dari tempat wisata ini

Situ Cicerem adalah sebuah danau yang cukup luas dengan air yang berwarna biru dan sangat jernih.  Saking jernihnya, danau ini laksana cermin seingga wisatawan yang berkunjung dapat melihat dengan jelas dasar kolam.  Danau yang memiliki kedalaman mencapai 5 meter ini, nampak indah dengan panorama disekelilingnya yang ditumbuhi pepohonan rindang.  Tak heran, udara disekitar Situ Cicecere sangat sejuk.  Lokasi wisata alam yang berada di ketinggian 215 mdpl dengan suhu rata-rata 19 sampai 27 derajat celcius ini, menjadi begitu asri dengan airnya yang segar berpadu dengan keindahan alam sekitarnya.

Situ Cicerem
Salah satu Spot asyik di Situ Cicerem photo by @ryymerry

Dari kejauhan, keberadaan Situ Cicerem dengan warna birunya sudah sangat kentara.  Memantulkan pohon-pohon yang berada di sekitarnya dan langit biru, sungguh menjadi pemandangan nan cantik dan mempesona.   Pihak pengelola pun menambahkan ikan warna-warni sehingga menambah keindahan danau ini.  Wisatawan yang berkunjung pun dapat bermain bersama ikan-ikan ramah ini, memberi makan ikan dengan makanan ikan yang disediakan pihak pengelola.  Namun yang perlu diperhatikan, ikan-ikan ini tidak boleh dipancing atau diambil.

Situ Cicerem
Ikan-Ikannya sangat Ramah, Photo by @elvaraly

Meskipun hanya sekedar memandangi danau ini saja hati sudah merasa senang dan tentram, Traveler juga diperbolehkan untuk menikmati kesegeran air danau ini dengan berenang.  Air danau yang berada tepat di kaki Gunung Ciremai yang jernih dan tenang ini, tentu siap menggoda siapapun yang melihatnya untuk menyatu menyegarkan diri di dalam air ini. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahwa Traveler memang sudah menguasai tekhnik berenang karena kedalaman danau ini cukup dalam, masih riskan bagi perenang pemula.  Serta selalu berhati-hati ketika ingin terjun dari atas ke dalam danau.  Dasar danau banyak tertanam bebatuan yang cukup besar, sehingga membahayakan bagi perenang yang asal terjun dan langsung menyentuh dasar danau. Karena sangat berbahaya menyentuh dasar danau yang berbatu besar ini.  Nah, jika berenang mendekati area pinggir danau, Traveler akan berpapasan dengan ikan-ikan cantik yang turut menghampiri.  Ikan-ikan ini sangat ramah. Kebayang kan, berenang bersama banyak ikan?

Situ Cicerem
Airnya Biru Toska Jernih terasa menyegarkan

Spot foto di tempat ini sangat beragam.  Ada spot ayunan di atas air danau, keunikan dermaga yang menjorok ke danau, tumpukan bebatuan dibibir danau, serta spot-spot keindahan lainnya disana.  Kawasan Danau Cicerem ini memang begitu menarik untuk diabadikan dalam foto.

Situ Cicerem terletak di Jalan Kaduela, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Traveler dapat mencapai lokasi ini dalam waktu sekitar 1 jam berkendara dari Kota Kuningan, yang berjarak sekitar 30 kilometer ke utara.(Puteri)