Spot Foto Menakjubkan di Puncak Darma Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh Menyerupai Tapal Kuda

Puncak Darma Geoprak Ciletuh
Wisata Ketinggian Puncak Darma Geopark Ciletuh, Photo by @indrasusantoo

Tidak dapat dipungkiri lagi, bagi siapa saja yang sedang berkunjung ke suatu tempat pastilah akan mengabadikan momen langka dan indah yang dijumpai di sana. Puncak Darma Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu Sukabumi menjanjikan spot foto dengan pemandangan alam yang mempesona.

Tidak ada wahana hiburan atau tempat nongkrong yang nyaman di sana. Namun, Traveler justru akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang akan membuat takjub. Keindahan alam di sana dapat diabadikan dalam lensa kamera dan menjadikannya foto yang Instagramable

Puncak Darma terletak di bagian selatan Pulau Jawa.  Dataran tinggi ini berada di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut. Posisinya menempati salah satu punggung bukit di Geopark Ciletuh. Di bawahnya, terhampar Pantai Palangpang dengan lautnya yang biru.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, kawasan wisata di ketinggian ini menyajikan pemandangan laut dan pantai secara menyeluruh. Dari atas sini, pengunjung bisa menyaksikan sendiri bentuk Geopark Ciletuh yang menyerupai tapal kuda. Lengkungan halus tersebut dihiasi hamparan pasir putih serta laut yang indah.

Puncak Darma Geopark Ciletuh
Hamapran Menghijau di Sekitar Pantai, Photo by @patriciaam

Asyiknya lagi, Traveler juga berkesempatan menyaksikan perubahan warna langit dari sini seiring dengan tenggelamnya matahari. Pemandangan tersebut akan didapat sesaat matahari terbenam di ufuk barat dan langit menguning senja.  Sungguh sangat cantik pemandangan ini.

Selain panorama pantai dan laut, objek wisata ini juga menawarkan pemandangan kondisi geografis daratan di sekitarnya. Geopark Ciletuh di kelilingi oleh dataran dengan kontur dan warna yang bervariasi. Perbukitan dan amfiteater tebing bisa disaksikan dari atas sini.

Saat hari cerah, akan tampak hamparan sawah yang menghijau di sekitar pantai. Di sisi lain, tersaji panorama perbukitan hijau dan lembahnya. Pemandangan unik lainnya bisa dilihat di punggung bukit yang dihiasi kelokan jalan akses kendaraan. Panorama ini tentu menarik dan sayang jika tidak diabadikan dengan kamera.

Selain menjadi tempat sebagai spot foto yang memukau, fasilitas di Puncak Darma pun sangat memadai. Lahan parkir, toilet, mushala, dan sejumlah warung untuk membeli makanan dan minuman dapat dijumpai di sini.  Traveler dijamin merasa nyaman dengan segala fasilitas yang ada ini.

Puncak Darma Geopark Ciletuh
Sensasi Pemandangannya Yang Mengagumkan, Photo by @rinaandriani

Rute menuju dan mendaki ke area ini memang cukup rumit. Traveler harus melalui jalur Jampang Kulon dan Ujung Genteng, dan tidak bisa sembarangan kendaraan digunakan menuju ke sini. Dengan pemandangan serta panorama lautan lepas dan juga pulau-pulau kecil seperti Pulau Kunti, Pantai Palangpang hingga Geopark Ciletuh memang menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak adanya area parkir di sekitar pos awal pendakian ini memang memberikan bukti bahwa Traveler harus melanjutkan perjalanan serta melalui jalur yang cukup terjal guna menuju ke Puncak Darma tersebut.  Tidak jauh dari puncak ini sudah ada pantai Pasir Putih yang juga menggoda mata. Wisatawan biasanya akan menuju ke area pantai ini dari Puncak Darma. Bagi yang ingin menuju ke pantai ini harus turun terlebih dahulu melalui jalur yang sama. Jika tidak mau repot menggunakan mobil, bisa menyewa jasa ojek.

Sekarang ini kawasan wisata Puncak Darma ini menjadi salah satu incaran para Wisatawan. Pasalnya di sini kerap digunakan sebagai tempat untuk olahraga paralayang. Tidak heran pula banyak yang berkemah di sekitar area tersebut. Akan tetapi semua peralatan seperti tenda hingga sleeping bag harus disediakan sendiri. Pasalnya tidak ada jasa penyewaan tenda dan lainnya. Selain menikmati paralayang, tentu saja mengejar keindahan sunrise yang menjadi incaran para Traveler yang datang ke sini.

Puncak Darma Geopark Ciletuh
Perpaduan keindahan pantai, laut dan daratan yang menakjubkan, Photo by @adhy_stockpoto

Itu tadi adalah seputar tentang Puncak Darma Sukabumi yang wajib Traveler kunjungi untuk sekedar menikmati alamnya yang mempesona atau bisa Traveler pilih sebagai tempat untuk menambah koleksi foto keren yang Instagramable.(Nay)