Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan

Kota Menakjubkan dengan Banyak Keindahan Alam

Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan
Pemandangan nan spektakuler di Batu Pandang Ratapan Angin, Photo by @sindiwati

Kawasan Dataran Tinggi Dieng selalu menjanjikan keindahan dan keseruan.  Mengeksplore keindahan alam Dieng, memang tak pernah membosankan.  Dieng yang dikenal sebagai Negeri di Atas Awan ini, terletak lebih dari 2000 meter diatas permukaan laut. Itu sebabnya Dieng dianggap sebagai kota tertinggi di Indonesia.

Mampir ke Dieng, akan ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi yang begitu menakjubkan. Berikut ini www.Indonesiatraveler.id merekomendasikan 5 objek wisata di Dieng yang punya pemandangan spektakuler.  Apa saja? Yuk simak!

Hiking Gunung Prau

Berada di puncak Gunung Prau, memang menakjubkan. Duduk-duduk di sebuah bukit, ditemani embusan angin yang teramat sejuk, sambil menikmati betapa indahnya memandangi puncak-puncak gunung lainnya, seperti Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.  Yah, dari puncak Gunung Prau, Traveler dapat menikmati keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berdiri gagah di antara gumpalan awan bergulung-gulung selayaknya kapas putih yang sangat luas.  Itulah mengapa Gunung Prau disebut juga negeri di atas awan.

Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan
Trekking Gunung Prau, Negeri Di Atas Awan, Photo by @indra_wigya_quatama

Berada di antara tiga kabupaten, yakni Kabupaten Batang, Kendal, dan Wonosobo, gunung yang bentuknya mirip perahu ini berada di ketinggian 2.565 mdpl. Dari puncak Gunung Prau, Traveler dapat melihat awan-awan putih bak kapas. Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana, dapat di jumpai di area puncaknya.  Susunan bukit-bukit ini kerap disebut bukit teletubies.

Waktu yang paling tepat berkunjung ke Gunung Prau adalah ketika matahari terbit dan terbenam.  Pancaran keindahan warna yang tercipta benar-benar mengagumkan. Siapapun yang meyaksikan fenomena alam sunset dan sunrise di Gunung Prau, akan terjerat dengan pesona keindahannya.

Keseruan Gunung Cilik 

Objek wisata Gunung Cilik merupakan destinasi wisata dan camp yang terletak di lereng Gunung Kembang.  Kawasan ini menawarkan pemandangan kebun teh yang luas di area Blembem.  Gunung Cilik adaLah sebuah bukit, yang berada di daerah Damarkasih Kertek, Wonosobo. Traveler akan dimanjakan dengan panorama keindahan hamparan kebun Teh Tambi berkolaborasi dengan cantiknya pemandangan Gunung Kembang, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan
Hamparan Perkebunan Teh di kawasan Gunung Cilik, Photo by @warung_degan

Udara yang begitu menyejukkan serta panorama deretan bukit kecil yang dipenuhi pepohonan dan tumbuhan teh ini, menghampar di antara punggung pegunungan, memanjakan mata wisatawan yang datang ke Gunung Cilik, Kaliurip, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo ini.  Ramainya kicau burung yang tiada henti, menciptakan suasana begitu indah dan mengasyikkan.  Banyaknya spot-spot keren dan asyik disini, menghasilkan frame spektakuler bagi para penyuka selfi foto.  Yah, hasil jepretan kamera pun selalu memukau, menambah keindahan koleksi dalam media sosialnya.

Batu Pandang Ratapan Angin

Objek wisata Batu Pandang Ratapan Angin merupakan sebuah tebing yang  berada pada ketinggian yang letaknya sangat berdekatan dengan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Dari atas tebing batu ini, Traveler dapat menikmati indahnya pemandangan hamparan pegunungan di Dataran Tinggi Dieng ini, dan tentunya juga dua telaga nan eksotis yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Pemandangan yang luar biasa mempesona akan tersaji untuk siapa saja yang mengunjunginya

Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan
Spot Wisata Batu Pandang Ratapan Angin, Photo by @wukitravel

Menuju ke lokasi ini tidak begitu sulit.  Akses masuknya berada dekat dengan wisata Dieng lainnya, yaitu Kawah Sikidang, Telaga Warna dan Candi Arjuna.  Dari pusat kota Wonosobo berjarak sekitar 26 kilometer dengan memakan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan. Sedangkan jalur terbaik menuju kawasan Dieng yaitu melewati jalur utama Wonosobo-Dieng. Yah, Batu Pandang Ratapan Angin menjadi spot terbaik bagi para foto hunter yang sedang mencari foto instagenic saat menikmati liburan di Dieng ini!

Trekking Bukit Sikunir

Seperti halnya objek wisata Gunung Prau, Bukit Sikunir pun juga tak kalah pentingnya untuk harus dieksplore saat Traveler menyambangi Dataran Tinggi Dieng ini.  Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 2.300 mdpl ini, menyajikan keindahan berupa pemandangan delapan gunung di sekitarnya yang dapat terlihat dari puncak bukit.

Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan
Golden Sunrise di Bukit Sikunir, Photo by @terserahsultan

Selain itu, Bukit Sikunir juga dikenal sebagai tempat memburu ‘golden sunrise’, karena keindahan alam yang begitu menakjubkan ketika sang surya perlahan menampakkan wajahnya.  Keindahan warna kemerahan di kala pagi akan membuat semua pengunjung merasa takjub.  Agar tidak ketinggalan menyaksikan moment kegiatan alam ini, disarankan Traveler berada di puncak bukit sebelum waktu subuh atau sebelum jam 5 pagi.

Berlokasi di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, akses untuk mencapai Bukit Sikunir cukup mudah. Traveler dapat melalui jalan setapak berupa jalan tangga yang telah tertata selama pendakian.  Hal ini memudahkan perjalanan, terutama ketika tengah menanjak, Traveler dapat berpegangan pada batang kayu di tangga tersebut agar tidak licin. Selain tangga yang telah diperbaiki, sekeliling jalan pendakian juga telah diberi batas pengaman.

Kawah Sikidang

Untuk melengkapi perjalanan wisata di Daratan Tinggi Dieng, Traveler juga harus menyambangi Kawah Sikidang.  Objek wisata ini merupakan lapangan perkawahan di Dataran Tinggi Dieng yang berada paling dekat dengan kawasan percandian Dieng. Lokasinya mudah dicapai, tidak jauh dari Bukit Sikunir dan asyik dinikmati karena terletak di tanah datar, sehingga juga menjadi kawah yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Spot-Spot Wisata di Dieng yang Paling Menawan
Kawah Sikidang, area kawah aktif, Photo by @nrfarid

Di tempat ini Traveler dapat melihat langsung fenomena alam berupa aktifitas vulkanik kawah aktif sisa letusan gunung api di masa lampau.  Meski sedikit berbahaya, namun Traveler tetap bisa menikmati keeksotisan Kawah Sikidang ini.  Wisatawan diizinkan untuk melihat langsung proses vulkanis berupa muntahan lumpur bercampur gas bumi dari jarak tertentu.  Gas yang keluar dari kawah ini mengandung belerang dan baunya cukup menyengat.  Untuk itu dianjurkan agar wisatawan yang berkunjung menggunakan masker atau penutup hidung lainnya.(Andrini)