Surga Bawah Laut Pulau Banyak Aceh Singkil

Kecantikan terumbu karangnya yang dapat dilihat langsung dari permukaan

Pulau Banyak Aceh Singkil
Pulau Banyak Aceh Singkil, photo by pulaubanyaktour

Saking beningnya air laut di Pulau Banyak Aceh Singkil, traveller bisa melihat beraneka terumbu karang juga flora dan fauna laut dari atas permukaannya saja. Yah, Pulau Banyak memiliki keindahan tersendiri yang berbeda dari Gugusan Kepulauan lainnya. Keindahan bawah laut, dengan air yang sangat jernih juga dihiasi gradasi biru yang belapis-lapis menjadikan traveller selalu penasaran dengan kemewahan di dalamnya. Kecantikan terumbu karangnya yang dapat dilihat langsung dari permukaan laut ini, semakin memanjakan mata.  Hilir mudik penyu hijaunya pun menjadi kekayaan tersendiri di pulau ini.

Pulau Banyak Aceh Singkil
Pulau Banyak Aceh Singkil,photo by ketabo_trip

Karena merupakan daerah Kepulauan, Pulau Banyak memiliki pantai yang amat panjang dan indah. Traveller bisa dimanjakan dengan pasir putih yang sangat lembut. Diterpa angin laut yang melambaikan dedaunan pohon kelapa yang sangat rindang akan membuat traveller betah berlama-lama di tempat ini.

Menuju ke lokasi ini, Traveller bisa menggunakan ferry dari Desa Pulo Saruk Aceh Singkil. Jika dari Medan, traveller bisa menaiki pesawat berukuran kecil setiap hari rabu untuk ke Aceh Singkil, dengan biaya Rp 140.000, penerbangan pukul 11.00. Untuk kembali ke Medan, traveller juga bisa memiliki penerbangan di hari rabu pada pukul 15.00, dengan biaya penerbangan Rp 160.000.

Pulau Banyak Aceh Singkil
Pulau Banyak Aceh Singkil, photo by ketabo_trip

Ombak air lautnya pun cukup asyik juga bagi yang hobi berselancar.  Jika ingin berselancar yang cukup panjang dengan ketinggian mencapai 6 meter, traveller bisa menuju 12 titik ombak yang tersebar di Ujung Silingar, Pulau Bangkaru, dan Pulau Tuangku bagian Selatan. Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru adalah titik yang paling banyak didatangi para selancar.

Pada tahun 2001, Marcus Keeshan mempublikasilan ombak Pulau Bangkaru di Kepulauan Banyak ini sebagai tempat surfing terbaik di dunia. Karena tinggi ombak mencapai 6 meter tentu saja sangat ideal bagi peselancar dunia.

Pulau Banyak Aceh Singkil
Pulau Banyak Aceh Singkil, photo by pulaubanyaktour

Pulau Banyak juga menjanjikan tanaman laut, terumbu karang dan aneka ragam flora dan fauna yang khas dengan berbagai macam warna dan bentuk. Di perairan yang dangkal, traveller bisa menggunakan perahu dengan dinding bawah perahu atau lantainya berupa gelas kaca tembus pandang. Akan lebih menyenangkan lagi dengan menyelam menggunakan peralatan Scuba Diving untuk melihat keindahan laut di tempat-tempat yang dalam. Areal untuk menikmati keindahan bawah laut di Pulau Banyak ini biasanya di Pantai Pulau Taliana, Matahari, Rago-Rago, Pabisi, dan Sikandang. Karang-karang di kedalaman lebih dari 3 meter dapat dilihat dengan jelas di daerah ini karena airnya yang sangat jernih.

Pulau Banyak Aceh Singkil
Pulau Banyak Aceh Singkil, photo by ketabo_trip

Aceh Singkil memiliki Gugusan Pulau-Pulau kecil dengan dengan wilayah keseluruhan 27,196 hektar. Di ujung sebelah barat Pulau Sumatera, gugusan pulau-pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Gugusan pulau inilah dinamakan Pulau Banyak,  karena memiliki 99 pulau yang sangat menawan dan bisa dikembangkan menjadi objek wisata yang unik di Indonesia, khususnya di Aceh.  Tak heran, Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil ini menjadi salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi para traveller, terutama bagi yang ingin mencoba berselancar di tempat surfing terbaik di dunia, atau bagi Traveler yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia dengan terumbu karang dan aneka flora dan fauna yang dapat dilihat langsung dari permukaan air laut yang sangat bening.(DM/IPG)