Taman Galuh “Hidden Paradise” dari Bondowoso

Suhu Udara Sekitar 18 - 20 Derajat Celcius

Taman Galuh Bondowoso
Pemandangannya Sangat Cantik dan Menyegarkan, Photo by @sigitdim

Bondowoso menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Banyak surga tersembunyi atau “hidden paradise” di sana. Salah satunya yaitu Taman Galuh yang terletak di Afdeling Girimulyo, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ijen atau di kaki Gunung Crengih.

Kawasan Afdeling Girmulyo ini sudah dibuka sebagai destinasi wisata sejak tahun 1927. Suhu di sana berkisar antara 18-20 derajat celcius. Di tempat ini Traveler dapat menikmati hamparan perbukitan yang memanjakan mata.

Taman Galuh Bondowoso
Hamparan Ilalangnya nan Luas, Photo by @nand_setiawan

Untuk menuju ke sana, Traveler dapat mengambil rute yang sama seperti menuju Kawah Ijen. Setelah sampai di Kecamatan Ijen, akan bertemu pertigaan lalu ambil arah ke kiri ke Desa Watu Capil kemudian menuju ke Girimulyo.  Jarak dari Desa Watu Capil ke Girimulyo sekitar 15 km, dengan medan yang cukup sulit. Disarankan untuk memakai jenis motor trail atau mobil jeep karena jalannya cukup terjal. Oh iya, perlu diperhatikan juga bahwa di sana terdapat banyak sekali percabangan jalan, dan inilah yang sering membuat pengunjung salah memilih jalan. Jadi jangan pernah ragu untuk bertanya kepada masyarakat setempat. Perjalanan yang berat ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Namun, perjalanan berat ini langsung sirna terbang bersama angin begitu Traveler sampai ditujuan.  Yah, segala lelah akan terbayarkan.  Traveler akan disambut perbukitan hijau, rumput ilalang, kebun stroberi organik dan varian bunga dengan warna dan bentuk yang berbeda.

Suasananya sangat sejuk, Traveler bisa santai sejenak di dalam gubug tersebut menikmati semilir angin sepoi serta hijaunya Taman Galuh. Lokasinya juga instagramable banget, Traveler dapat mengabadikan foto pemandangan atau berselfie ria.

Taman Galuh Bondowoso
Sejauh-jauh mata memandang, keindahan dimana-mana, Photo by @syaikhab

Di Taman Galuh ini juga bisa kemping, lho! Membangun tenda untuk bermalam dan bercengkrama bersama keluarga atau teman-teman. Jangan lupa bawa selimut karena angin malam di sini cukup kencang dan sangat menusuk.

Ketika bangun di pagi hari, Traveler akan menghirup udara yang sangat segar dan disuguhi pemandangan sunrise seperti di film-film. Pokoknya Taman Galuh cocok buat yang punya jiwa petualang dan pecinta keindahan.(Ipg)