Tenggelam dalam Keindahan Panorama Waduk Jatigede

Banyak spot-spot kekinian yang bisa jadi pilihan untuk mengabadikan foto-foto.

Waduk Jatigede, Bukit Panenjoan
Waduk Jatigede, Bukit Panenjoan

Waduk Jatigede, waduk yang keberadaannya masuk dalam provinsi Jawa barat ini, memiliki rencana jangka panjang menjadi salah satu destinasi wisata yang siap diserbu banyak wisatawan. Untuk itu, sederet pencapaian pun banyak dikerjakan. Termasuk menciptakan spot-spot unik yang instagramable, kekinian, inovatif dan lainnya. wisata Bendungan Jatigede sekarang sepertinya menjadi icon Kabupaten Sumedang.

Seperti di sekitar area Waduk Jatigede ini, yang saat ini sudah banyak disiapkan spot-spot asyik untuk dijadikan tempat wisata.

Waduk Jatigede
Kampung Buricak Burinong,photo by Tempat Wisata Indonesia

Wisata Kampung Buricak Burinong

‘Buricak Burinong’ artinya menyala dengan penuh keindahan, warna warni. Kampung Buricak Burinong yang diciptakan ini berada ada di Dusun Cisema Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja, masih sekitar kawasan Waduk Jati Gede. Kampung ini pun jadi spot wisata yang wajib dikunjungi Traveler saat berada di sekitar waduk ini. Panorama warna warni setiap rumah penduduk di kampung ini, menambah keindahan alam sekitar.

Waduk Jatigede Puncak Damar
Puncak Damar photo by Tempat Wisata Indonesia

Wisata Puncak Damar Jatigede

Merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan pada wilayah Puncak Damar serta menyajikan keindahan dari hamparan bendungan Jatigede pada sebelah timurnya. Tempat wisata ini sangat hits karena banyak spot-spot kekinian yang bisa jadi pilihan untuk mengabadikan foto-foto.

Salah satunya adalah gardu pandang yang instagenic dan pastinya cocok bagi yang suka berfoto selfie, juga ada area payung warna warni yang sangat indah dan dijamin sangat instagramable. Terdapat juga fasilitas lain seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound serta lokasi bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang kesannya alami. Di tempat ini juga tersedia toilet yang bersih.

Wisata Panenjoan Jatigede

Lokasi wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di bagian timur Waduk Jatigede dan berada di kampung Burujul, desa Jemah, Kecamatan Jatigede, kabupaten Sumedang, Bandung Jawa Barat.

Ketika berada di lokasi ini, Traveler akan takjub begitu melihat keindahan hamparan Waduk Jatigede, plong langsung tanpa ada penghalang apapun. Ada beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai ria sambil menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan ini.

Waduk jatigede, Tanjung Duriat
Waduk jatigede, Tanjung Duriat

Wisata Tanjung Duriat

Tanjung Duriat terletak di pesisir barat laut Bendungan Jatigede. Masuk wilayah administrasi Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu, Kab. Sumedang. Area lokasi Tanjung Duriat ini berupa perbukitan yang menjorok ke arah Bendungan Jatigede. Traveler dapat memandang hamparan air bendungan yang luas dan tenang menyejukkan hati. Traveler juga dapat berjalan turun ke tepian untuk berkeliling bendungan dengan perahu. Lokasi ini juga salah satu sudut yang pas untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise. Bahkan, warna warni pelangi setelah hujan indah ditangkap dari lokasi sini.

Papan nama lokasi Tanjung Duriat dibuat besar berwarna merah menyala. Di tata apik dengan gambar hati di tengah tulisannya dan terdapat tempat duduk untuk berfoto di depan nya. Tempat ini jadi spot favorit selfie dan wefie karena letaknya di tebing dengan latar belakang bentang alam air bendungan Jati Gede.

Waduk Jatigede, Tegal Jarong
Waduk Jatigede, Tegal Jarong

Wisata Tegal Jarong

Wisata Tegal Jarong menyuguhkan pemandangan indah dari hamparan air Bendungan Jatigede dan beberapa spot menarik lainnya. Salah satu fasilitas unggulannya adalah penyewaan perahu yang akan mengantar pengunjung menyeberang dan berkeliling di sekitaran Bendungan Jatigede.

Pengunjung bisa berfoto di area selfie dengan latar belakang pemandangan Bendungan Jatigede dan Landmark bertuliskan Tegal Jarong. Juga tersedia tempat bermain anak, seperti perosotan, jungkat jungkit, mangkuk putar, ayunan. Juga ada kandang edukasi ternak kelinci yang sangat cocok untuk anak-anak. Tersedia pula area kios, gallery yang menjual beragam makanan khas Jatigede. Selain itu juga ada gallery yang menjajakan produk oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Untuk kedepannya, akan ada rencana membangun menara tinggi yang menyerupai Menara Eiffel (Paris) di pesisir Waduk Jatigede ini. Sudah terbayang, dengan adanya ikon ini, makin banyak wisatawan berkunjung kesini. Begitu juga spot-spot menarik lainnya yang bisa menyihir Traveler untuk datang kesini. Antara lain obyek wisata Pasir Cinta atau landasan paralayang, forest walk, dermaga hingga pembangunan floating market, serta pengadaan patroli polisi air udara.

Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar yang berada di kecamatan Jatigede, kabupaten Sumedang, provinsi Jawa Barat, dengan luas 4.896 hektar. Sebenarnya waduk ini sudah dibangun dari puluhan tahun yang lalu, namun baru tergenang air pada awal tahun 2016 dan digunakan untuk irigasi di kabupaten Indramayu, Cirebon dan Majalengka.

Waduk Jatigede dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk, dengan kapasitas yang bisa menampung air mencapai 979,5 juta meter kubik. Merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia. Selain sebagai irigasi dan PLTA, waduk ini pun juga sarat untuk dijadikan destinasi wisata yang mengasyikkan, dan di lokasi ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat kekinian dan fotogenik.

Nah, persiapan kesehatan dan keuangan, setelah badai corona ini berlalu, siap melaju ke destinasi wisata Waduk Jatigede ini! (Nil/Berbagai Sumber)