Terbuai Keindahan Pantai Tapak Gajah, Aceh

Serunya Snorkeling dan Diving

Terbuai Keindahan Pantai Tapak Gajah, Aceh
Bebatuan karang menyebar sepanjang bibir pantai

Pantai Tapak Gajah menawarkan keindahan pemandangan laut yang begitu sempurna dan alam yang masih alami. Pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan pemandangan lingkungan yang menakjubkan.  Dengan garis pasir pantainya yang berwarna putih serta teksturnya yang lembut, pantai yang terletak di Desa Ie Meulee (Desa Tapak Gajah), Kecamatan Sukajaya, kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam ini, tempat wisata yang tepat bagi Traveler yang mencari ketenangan.

Pantai Tapak Gajah selain terkenal dengan luas pantai berpasir putihnya, juga dikenal dengan batu karangnya yang menghiasi sepanjang bibir pantai serta keindahan deretan pohon kelapa yang ditutupi oleh rumput-rumput liar yang dirawat.  Pemandangan yang dimiliki pantai ini benar-benar sangat menarik.  Kombinasi antara bentangan pasir putih dipadukan dengan jernihnya air yang biru, deretan batu-batu karang nan megah serta keelokkan deretan pohon kelapa,  menciptakan keindahan paripurna dalam menikmati panorama Pantai Tapak Gajah.  Sangat asyik dan menarik untuk dijadikan photo latar, terutama bagi penggemar fotography. Selain menarik sebagai tempat liburan. Traveler dapat menikmati puas keindahan pantai ini sambil duduk santai di pinggir pantai, atau santai berjalan-jalan menyusuri hamparan pasir putihnya.

Terbuai Keindahan Pantai Tapak Gajah, Aceh
Sangat asyik dan menarik dijadikan photo latar

Pantai Tapak Gajah yang berada dalam wilayah Pulau Weh ini, juga menyajikan keseruan untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.  Jika Traveler tidak membawa peralatan menyelam, di kawasan objek wisata ini tersedia toko alat selam.  Selain menjual alat selam, toko ini juga menyewakan perlengkapan selam seperti baju renang, tabung oksigen, pelampung dan juga lengkap dengan perahu boat-nya.

Alam bawah lautnya benar-benar cantik.  Yah, terumbu karang dan ikan-ikan yang berada di alam bawah laut kawasan wisata Pantai Tapak Gajah ini, sangat menakjubkan.   Sayang jika dilewatkan begitu saja! Namun demikian, disarankan jika Traveler ingin melakukan olahraga air snorkeling atau diving ini, sebaiknya ditemani oleh seorang pemandu atau instruktur agar lebih aman.

Terbuai Keindahan Pantai Tapak Gajah, Aceh
Snorkeling menikmati alam bawah lautnya, Photo by @backpackerlebay

Dinamakan Pantai Tapak Gajah bukan karena bentuk pantai ini seperti tapak gajah.  Tak bedanya dengan pantai-pantai kebanyakan, tapi di desa dimana pantai ini masuk dalam wilayahnya, ditemukanlah sebuah prasasti dengan bentuk kaki gajah.  Konon menurut cerita, nama Desa Tapak Gajah ini diambil karena penemuan prasasti itu.

Akses untuk menuju ke lokasi Pantai Tapak Gajah ini, terbilang cukup mudah apalagi bagi Traveler yang menggunakan kendaraan pribadi. Sudah tersedia area parkir bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Karena Pantai Tapak Gajah berada di Pulau Weh, untuk tiba di Pulau Weh, Traveler harus  menyeberang dari Kota Banda Aceh menuju ke Pelabuhan Balohan. Setelah sampai di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Traveler dapat memilih salah satu angkutan umum yang tersedia, diantaranya  taksi, becak motor atau gojek untuk mengantarkan sampai di lokasi tujuan.

Terbuai Keindahan Pantai Tapak Gajah, Aceh
Karang-karangnya sangat memukau

Dari Kota Sabang, perjalanan ke Pantai Tapak Gajah hanya berjarak 1,5 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Hal ini memudahkan wisatawan untuk dapat dengan mudah mencapai lokasi tanpa memperhatikan pilihan transportasi. Dan rute yang terbaik untuk dilalui adalah Jalan Tengku Cik Ditiro.(Puteri)