Uniknya Pantai Ujong Kareung

Pantai Berkarang nan Unik

Uniknya Pantai Ujong Kareung
Sepanjang bibir pantai bebatuan cadas, Photo by @saragitua20

Pantai Ujong Kareung merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Aceh yang menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona.  Pantai yang menjadi objek wisata favorit dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar Aceh ini, menyajikan biru-nya air laut yang jernih dibalut dengan pepohonan yang berderet di tepian pantainya berkolaborasi dengan bebatuan karang yang menyelimuti sepanjang tepian pantainya.  Pesisir Pantai Ujong Kareung memang tidak memiliki pasir, melainkan bangunan struktur beton Tatrapod, yang berfungsi untuk melindungi wilayah daratan dari erosi terjangan gelombang laut.  Sementara itu, bebatuan karang yang tersebar di kawasan wisata ini, cukup besar sehingga membentuk cekungan yang sangat unik.  Keunikan alam pantai inilah, yang menjadi daya tarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Uniknya Pantai Ujong Kareung
Menikmati Keindahan Pantai Ujong Kareung, Photo by @nrjnt93

Banyaknya pohon-pohon sekitar pantai, menciptakan suasana udara sangat teduh dan cukup menyejukkan.  Pengunjung yang datang ke pantai ini begitu menikmatu panorama dan alam Pantai Ujong Kareung ini.  Apalagi, ombaknya tidak terlalu besar sehingga aman bagi yang ingin berenang atau bermain air.  Jernihnya air laut dengan warna biru toska, merupakan godaan untuk segera merasakan kesegaran airnya dengan menceburkan diri ke laut.

Pantai Ujong Kareung disebut juga Pantai Ujung Karang.  Sesuai namanya, pantai ini memang dominan dihiasi dengan beragam batu karang yang menyebar indah sepanjang pantai ini.  Salah satu kegiatan seru yang memacu adrenalin yaitu berdiri di salah satu area bebatuan karang lalu melompat ke laut.  Ini merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan menyenangkan.  Sedikit memicu ketegangan namun begitu tubuh menyentuh air, dijamin ketagihan untuk melakukan lagi.

Uniknya Pantai Ujong Kareung
Laut nan jernih dengan bibir pantai bebatuan karang

Keberadaan Pantai Ujong Kareung sangat strategis dan unik.  Traveler dapat menyaksikan dua panorama keindahan pantai sekaligus.  Terletak di pesisir selatan Pulau Sumatera dan menghadap ke arah timur, sedangkan Traveler dapat menyaksikan keindahan sunrise yang begitu mempesona.  Namun, saat hari mulai merambah senja, Traveler dapat bergeser ke sisi barat pantai menikmati fenomena tenggelamnya matahari yang begitu eksotis.

Selain keindahan alam pantainya yang begitu menakjubkan, Pantai Ujong Kareung siap memanjakan Traveler dengan keindahan bawah lautnya yang begitu cantik. Traveler dapat melakukan aktivitas snorkeling dan menyaksikan keindahan karang bawah laut serta keanekaragaman biota laut Ujong Kareung.

Uniknya Pantai Ujong Kareung
Pepohonan sekitar pantai menambah kesejukan suasana pantai

Lokasi Pantai Ujong Kareung beralamat di Desa Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, berjarak cukup dekat dari pusat pemerintahan Sabang. Hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 10 menit dengan jarak kurang lebih 3 kilometer. Traveler dapat memulai perjalanan dari pusat kota dengan mengambil rute jalan Teuku Umar untuk mencapai lokasi Pantai Ujong Kareung ini. Akses yang dilalui selama perjalanan ke arah pantai lebar dan cukup nyaman.(Rafa)