The Magic of Telaga Sarangan Magetan

Keindahan Panoramanya Menghipnotis Traveler

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur
Magetan, Telaga Sarangan

Yuk, berwisata ke Magetan! Kotanya asyik, menyejukkan dan berselimutkan aura kebahagiaan. Kenapa bisa begitu? Yah, Magetan merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur yang udaranya selalu segar karena berada di lereng Gunung Lawu, serta dikelilingi dengan panorama alamnya yang memukau, penuh dengan hijaunya pepohonan yang rimbun.  Karena pesonanya ini, Magetan pun mendapat julukan The Nice of Java.  Banyak destinasi wisata di Magetan yang menyihir Traveler untuk menyambanginya, menikmati keindahannya, merasakan kesejukkannya serta menatap pesonanya, salah satunya adalah Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan merupakan serpihan surga yang terletak di daerah dataran tinggi, di balik lereng kaki Gunung Lawu, sehingga udara yang menyelimuti telaga ini selalu sejuk menyegarkan. Seringpula tetibaan kabut turun menyapa, membawa suasana menjadi melodrama, menikmati dinginnya udara sambil menatap sang halimun, sungguh hal yang sangat mengasyikkan!

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur
Magetan, Telaga Sarangan

Telaga Sarangan dikenal juga dengan sebutan Telaga Pasir yang merupakan telaga alami, berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dengan luas telaga mencapai 30 hektar serta kedalaman danau mencapai 28 meter.  Telaga ini dikelilingi oleh perkebunan sayur dan pohon-pohon khas dataran tinggi seperti pohon cemara dan sejenisnya.  Dengan kondisi alam yang begitu indah dan asri, air danaunya yang sangat jernih dan bersih serta danau yang dikelilingi pegunungan dan pepohonan yang hijau dan tinggi, membuat siapa pun yang datang kesini enggan beranjak. Terhipnotis dengan aura magic yang dipancarkan alam Telaga Sarangan ini. Dan yang paling menakjubkan adalah, terkadang gunung, pepohonan, dan langit memantul dengan indah di permukaan danau.  Benar-benar panorama yang menakjubkan!

Banyak keseruan yang bisa dilakukan di objek wisata alami ini.  Traveler dapat menikmati serunya berkeliling Telaga Sarangan dengan menggunakan transportasi speedboat, menjelajahi danau dengan kecepatan tinggi yang memacu adrenalin karena penumpang akan terombang ambing, meliuk-liuk di atas air. Untuk menjaga keamanan, tiap penumpang wajib memakai pelampung.

Atau untuk yang lebih santai lagi, Traveler dapat memilih perahu dayung untuk menikmati panaroma sekeliling danau.  Karena telaga ini berada di kaki gunung, suhu rata-rata disana mencapai 15-20 derajat Celcius.  Dingin dan sangat menyejukkan! Tak jarang disekitar danau pun seringkali berkabut, menambah indah dan syahdu pemandangan.

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur
Magetan, Telaga Sarangan yang menyejukkan

Berkuda juga jadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan disini.  Sambil berkuda mengelilingi area Telaga Sarangan, Traveler akan dibawa menyusuri tepian danau sambil menikmati pemandangan sekitar.  Di sini tersedia kuda – kuda yang disewakan.  Dan setiap kuda sudah diberi penampung kotoran, sehingga kotoran kuda tidak jatuh ke jalan ataupun telaga.

Tak ingin melakukan apapun, hanya ingin menatap keindahan alam sambil me-rileks kan pikiran, juga seru lho untuk dilakukan di Telaga Sarangan ini.  Istilah kerennya, ‘the art of doing nothing’, tidak mengerjakan apapun cukup menikmati keindahan alam.  Traveler dapat duduk santai di tepian danau, diatas tikar dan rehat sesaat melepas segala kepenatan dari rutinitas selama ini,

Telaga Sarangan memang berada di lereng gunung, namun akses menuju lokasi ini sangat baik. Jalanan beraspal mulus, membuat nyaman kendaraan yang melewatinya. Rute yang ditempuh jika dari Kota Magetan cukup dekat, jaraknya sekitar 16 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Sedangkan jika dari Madiun, jarak yang ditempuh sekitar 44 kilometer dengan waktu tempuh berkendara mencapai 1,5 jam. Jika Traveler dari Kota Solo/Surakarta, dapat memilih menggunakan kendaraan pribadi atau bus travel. Jika memilih bus, tersedia Bus Jurusan Solo – Magetan. Dari Solo jarak tempuh ke Magetan kurang lebih 2 jam dengan jarak 60 kilometer.

Fasilitas yang disediakan di Telaga Sarangan sudah lengkap. Seperti mushola, lahan parkir, toilet, serta warung makanan, semuanya ada. Bagi yang ingin menginap, di sekitar area juga terdapat penginapan yang bisa disewa dengan harga bervariasi.

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur
Magetan, Telaga Sarangan kabut mulai datang

Kawasan wisata alam ini terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Plaosan, Telaga Pasir, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dan jika sudah mampir kesini, tak elok rasanya kalau tidak membawa buah tangan asli dari tempatnya. Di Telaga Sarangan, ada ragam buah tangan yang bisa Traveler bagikan kepada keluarga atau rekan kerja sebagai oleh-oleh.  Mulai dari kerajinan tangan dari anyaman bambu, aksesoris, makanan ringan khas Jawa Timur, dan tanaman sayur hijau segar yang bisa di bawa atau di tanam di pekarangan rumah.(Rafa)