Umi Kalsum, Memajukan Pariwisata Melalui Bisnis Dunia Maya

Optimis, Kerja Keras, Inovatif dan Selalu Semangat

Umi Kalsum
Menjalankan bisnis dari hobi lamanya

Selamat Hari Pariwisata Sedunia!

Raam Punjabi sejak kecil hobi nonton akhirnya merajai bisnis film dan sinetron, Patricia Hia dulu tekun sekali merangkai manik-manik dan kini sukses menjalankan bisnis asesorisnya dengan brand House of Beads, Ni Luh Ary Pertami Djelantik karena kecintaannya terhadap ‘dunia sepatu’ akhirnya menghantarkannya menjadi pengusaha sepatu yang produknya sudah mendunia, dan banyak lagi kisah sukses para pengusaha yang berawal dari hobi atau kebiasaan yang sering dilakukannya dahulu.  Begitu juga dengan Umi Kalsum, wanita yang selalu tampak ceria ini, mengusung bisnisnya melalui 10 situs yang khusus dia dedikasikan untuk dunia pariwisata.

Wanita kelahiran Palembang, 27 Maret 1975 ini, sejak dahulu memang hobi traveling.  Hampir sudut-sudut wisata di Indonesia pernah disambanginya, juga beberapa wisata di mancanegara.  Semata-mata karena kecintaannya terhadap dunia pariwisata. Umi, begitu wanita ini disapa, merasa kembali bergairah dalam menjalankan aktifitas hariannya tiap kali kembali dari ‘hunting wisata’nya.

Umi Kalsum
Saya suka laut, sungguh agung mahakarya ciptaanMu…

“Saya suka laut, saya suka gunung, semuanya saya suka. Ketika berkunjung ke salah satu objek wisata, hal pertama yang diucapkan adalah… ‘sungguh agung mahakarya ciptaanMu!’   dan ini booster bagi saya kalau sudah berlibur, menikmati alam nan indah ini. Menjadi semangat kembali untuk melakukan pekerjaan berikutnya.  Apalagi  Indonesia kaya dengan wisata alamnya yang luar biasa menakjubkan.  Masih banyak yang belum saya eksplore, dan jadi PR berat saya untuk me-list kapan dolan lagi,” ujar Umi penuh semangat.

Bagi Umi traveling bukan sekedar jalan-jalan menikmati objek-objek wisata yang tersaji, tapi lebih jauh lagi, Umi menginginkan apa yang dia lihat, apa yang dia rasakan, apa yang dia dapatkan, bisa dia bagikan kebanyak orang.  Sehingga orang lain pun seakan-akan turut merasakan apa yang dia rasakan ini.

Umi Kalsum
Selalu semangat, selalu optimis dan penuh tanggung jawab

Obsesinya ingin memajukan dunia pariwisata, tidak semata-mata bisa diwujudkan begitu saja.  Untuk menjalankan hal ini menjadi sebuah bisnis, butuh pemikiran yang kuat serta pengalaman yang matang.  Beruntungnya, wanita yang memiliki prinsip hidup be yourself, be unique, be kind and be good person ini, punya jam terbang dalam bidang perbisnisan yang patut diperhitungkan juga.  Yah, lebih dari 10 tahun, Umi belajar dan terjun langsung menggeluti dunia bisnis.

“Waktu itu, saya mengamati para pebisnis kelas atas yang telah berhasil mengembangkan bisnis mereka. Mereka memulainya dari nol, setapak demi setapak mereka lewati prosesnya, hingga mampu berdiri kokoh. Saya dulu juga pernah bekerja dan mempelajari hidup dari keluarga pebisnis yang tangguh,” kenangnya.

Umi Kalsum
Mendapat support dari suami tercinta

Pemilik 10 Situs Wisata Indonesia

Hobi dan kebiasaannya traveling, menghantarkan wanita penyuka makanan seafood ini untuk memajukan dunia pariwisata, khususnya wisata di Indonesia dan juga tempat-tempat wisata di negara lain. Mendapat dukungan dari suami tercinta, Soni JK, awal tahun 2018 Umi mendirikan perusahaan bernama PT.Prima Visi Kreasindo (PVK) yang sebagian besar berfokus pada kegiatan promosi dan pengembangan wisata di tanah air. Perusahaan ini didirikannya dengan tujuan utama memberi manfaat pada sesama.

“Ada banyak kepentingan di perusahaan ini. Kepentingan untuk mempopulerkan tempat-tempat wisata, selain menginformasikan lokasi, tempat dan kelengkapan suatu objek wisata, namun juga mengajak banyak pihak untuk sama-sama terlibat menjaga dan melestarikan kebudayan, alam dan sejarah Indonesia pada khususnya.  Serta transfer informasi antar negara terhadap objek wisata di masing-masing negara,” urai CEO of PVK Group ini menjelaskan.

Umi Kalsum
Berlibur itu menjadi booster bagi Umi

Itu secara umum, namun secara pribadi, Umi berharap dengan usaha yang dia jalani ini, dapat bermanfaat bagi banyak orang, terutama mereka-mereka yang turut bernaung dibawah bendera PVK.

“Klise sih, tapi inilah saya! Saya ingin banyak mencurahkan hidup saya buat orang banyak, bermanfaat dan bisa berbagi untuk orang banyak. Berharap, dengan  menciptakan suatu usaha atau unit bisnis, artinya saya juga bisa ikut membantu orang-orang yg bernaung di bawah bisnis saya untuk bisa dapat sejahtera. Kebahagiaan tiada tara bila saya mampu membuat orang tersenyum atas hasil jerih payah mereka sendiri,” ujar Umi saat ditanya mengenai motivasinya saat membangun PVK.

Usaha PVK Group memang berorientasi kepada penyediakan layanan informasi berkualitas tinggi melalui jaringan online global, dan menjajaki berbagai peluang untuk dapat terus bertumbuh. Membangun diri sebagai simbol sinergi dan semangat bangsa, melalui pengembangan bisnis profesional dan inovasi berkelanjutan. Dan yang pasti, PVK ingin memberikan pelayanan yang unik dan bermakna bagi para customer dengan cara yang cerdas, kreatif dan profesional sesuai perkembangan zaman.

Umi Kalsum
Traveling juga menjadi sesuatu yang bisa dibagi ke banyak orang

Melalui PVK ini, Umi pun merilis 10 situs online yang kesemuanya bergerak dibidang pariwisata. Situs-situs ini adalah : www.pariwisataindonesia.id, www.indonesiatraveler.id, www.trippers.id, www.pariwisataindonesia.tv, www.radiopariwisataindonesia.com, www.pariwisataindonesia.net, www.pariwisataindonesia.xyz, www.pariwisataindonesia.site, www.pariwisataindonesia.co.id, www.pariwisaraindonesia.online serta satu media eMagz Pariwisata Indonesia.

Melalui PVK Group ini, ada misi nasionalis yang ingin dijalankan juga.  Yaitu, berharap besar untuk dapat merekatkan tali kebangsaan melalui kebhinekaan dari perspektif pariwisata. Serta meningkatkan dan memajukan pariwisata di tanah air, agar giat ekonomi kembali bertumbuh dengan menciptakan unit-unit bisnis baru, sehingga dapat membuka lapangan kerja lebih luas. Serta kedepannya berharap agar pariwisata daerah-daerah lainnya di Indonesia bisa dikenal di seluruh dunia.  Indonesia bukan punya Bali saja, tapi ada Lombok, Banyuwangi, Banjarmasin, Palembang, dan banyak lagi.

“Saya bangga bisa menjadi bagian dari itu semua.  Dan saya berharap, kerja keras saya ini tidak sendiri, karena pariwisata itu menyangkut sebuah negara, sehingga butuh banyak pihak untuk mewujudkan niat indah ini,” ungkap Umi penuh optimis.

Umi memang wanita yang selalu optimis.  Termasuk saat pandemik ini masih merongrong dunia pariwisata internasional.  Memang, pariwisata saat ini masih dihantui kekhawatiran. Turis domestik dan asing masih membatasi diri dan takut untuk melakukan perjalanan wisata.

Umi Kalsum
Semua yang berbau kebudayaan patut dijaga kelestariannya

“Saya sangat berharap dunia pariwisata segera bangkit dan kita Indonesia kembali menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Dan wisata Indonesia bisa menjadi tuan rumah dinegerinya sendiri.  Saya yakin, kita bisa sama-sama mewujudkan itu!” ujar Umi energik penuh percaya diri.

Yah, itulah Umi Kalsum, wanita yang selalu penuh energik, selalu optimis dalam melangkah dan mengambil keputusan, serta inovatif dan tetap semangat dalam meng-create banyak hal.  Termasuk keputusannya mendirikan perusahaan yang menjalankan bisnis media online, ‘dunia maya’ dengan fokus kepada pariwisata, seperti hobi lamanya pendoyan jalan-jalan, penikmat wisata.  Melakukan dan membesarkan usahanya dengan penuh cinta,… sangat menikmati!

Find a job you enjoy doing, and you will never have to work a day in your life – Mark Twain.(Niel)