Wine Termahal Dunia, Produksi di Hungaria

Diberitakan beberapa media, pembuat anggur dari Hungaria, Royal Tokaji Wine Company, mengatakan tiap botol edisi terbatas dari Essencia 2008 sangatlah bernilai. Hanya ada 20 botol yang berisi 1,5 liter.

Wine atau minuman anggur terbaik pasti berharga mahal. Di Hungaria, ada sebotol wine yang dihargai USD 40 ribu atau Rp 550 juta.

Diberitakan beberapa media, pembuat anggur dari Hungaria, Royal Tokaji Wine Company, mengatakan tiap botol edisi terbatas dari Essencia 2008, sangatlah bernilai. Mengapa? Karena hanya memproduksi 20 botol yang tiap botol berisi 1,5 liter.

Kemasan wine itu dirancang oleh seniman Hungaria, James Carcass. 18 botol di antaranya dirilis pada tahun 2018. Dan pada tahun 2019, Essencia 2008 kembali menjadi anggur termahal di dunia. Menurut para pembuat anggur Holandia, wine Essensica hanya dapat diproduksi saat kondisi cuaca sedang baik.

Untuk menghasilkan Tokaji Essencia, dibutuhkan sekitar 20 kilogram anggur, lalu anggur-anggur tersebut dikerutkan sampai menjadi buah beri untuk disajikan dalam satu botol wine berukuran 37,4 sentiliter dan mengandung tiga persen alkohol.

Manajer Royak Tokaji Winery, Zoltan Kovacs mengatakan, proses fermentasi anggur Essencia sendiri membutuhkan waktu tiga bahkan sampai 10 tahun agar menghasilkan minuman anggur ‘yang sempurna’.

“Essencia dibotolkan setelah delapan tahun pematangan, dan anggur ini masuk kategori tidak biasa karena memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi yakni 4 persen,” tuturnya.