Yogyakarta, Kota Wisata Yang Selalu Dirindukan

Selamat Ulang Tahun Kota Yogyakarta!

Yogyakarta merupakan tempat dimana hati selalu merasa nyaman, tempat dimana keindahan itu selalu merindu, serta tempat dimana kenangan itu tak pernah hilang dari ingatan.  Yah inilah Kota Yogyakarta, yang setiap sudut selalu punya keasyikan tersendiri, yang selalu melekat di hati.  Dan hari ini, tepatnya tanggal 7 Oktober 2020, kota penyedia gudek terlezat ini tengah menikmati hari jadinya yang ke 264 tahun, usia yang banyak sekali memakan asam garamnya.

Yogyakarta
Candi Borobudur, keajaiban dunia yang tetap memikat

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi tertua kedua di Indonesia setelah Jawa Timur.   Dengan menyandang ‘istimewa’, Yogyakarta memiliki status istimewa atau otonomi khusus, status yang jadi warisan sejak zaman sebelum kemerdekaan.  Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta sudah mempunyai tradisi pemerintahan karena pemerintahan Yogyakarta adalah Kasultanan, juga termasuk di dalamnya ada Kadipaten Pakualaman. Dan puncaknya ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, kedua kerajaan tersebut yaitu Negara Kesatuan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Pakualam ini bergabung masuk dalam wilayah Negara Indonesia. Selanjutnya Yogyakarta pun mendapat status ‘daerah istimewa’.  Daerah Istimewa Yogyakarta adalah satu daerah otonom setingkat provinsi yang ada di Indonesia.

Yogyakarta
Tugu Yogyakarta, ikoniknya kota pelajar

Popularitas Yogyakarta semakin hari semakin memancarkan pesonanya baik dalam bidang pariwisata, pendidikan ataupun kebudayaan. Semua semakin maju dan semakin dikejar banyak orang.  Apalagi wisatanya, yang menjadi inceran banyak wisatawan.  Yogyakarta, yang awal mula berdiri berdasarkan Perjanjian Giyanti pada tanggal 13 Februari 1755 ini, memiliki destinasi wisata yang sangat variatif dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Yogyakarta
Malioboro, Photo by AyoYogyaDotCom

Beberapa ikon Yogyakarta seperti Tugu Yogyakarta yang menjadi salah satu ikon bersejarah kota ini, juga keindahan dan cerita mistis yang membuat banyak orang malah asyik menikmati yaitu Pantai Selatan Parangtiritis, keseruan berpetualang di Gunung Merapi, mengulas sejarah dan menikmati klasiknya Kraton Yogyakarta, serta yang sangat fenomenal dan tak pernah bosan untuk dilewati yaitu  sepanjang Malioboro.  Juga yang tak pernah bosan dikunjungi yaitu Candi Borobudur.  Belum lagi destinasi wisata alam lainnya seperti goa-goa, beragam air terjun serta wisata-wisata lainnya.  Yah, wisata Yogyakarta benar-benar memanjakan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Kota Yogyakarta, kota gudangnya tempat wisata yang selalu dirindukan

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

Liburan di Filipina, Dimas Anggara-Nadine Chandrawinata Berendam di Bak Luar Ruang

Pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara memang suka traveling atau berpergian,...

Mengenal Tradisi Jogja yang Jarang Diketahui

Salah satu alasan Jogja menjadi destinasi wisata favorit wisatawan...

Gubernur Arinal berharap ajang Puteri Indonesia dapat mengenalkan potensi wisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung...

Inilah Makanan Khas Bali yang Halal Dikonsumsi

Traveler muslim gak perlu khawatir lagi untuk wisata kuliner...

Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Melbourne, Australia

Kalau berkunjung ke Australia rasanya akan makin seru saat...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here