4 Pantai Indonesia ‘Seru’ untuk Berselancar

Temukan Sensasi Ombak yang Menantang Adrenalin

Pulau Sipora, Sumbar
Pulau Sipora, Sumbar photo by GPSWisataIndonesia

Berselancar merupakan aksi heroik yang menjajal adrenalin, berupaya men’damai’kan jiwa dengan ganasnya ombak laut. Begitu banyak pantai-pantai di Indonesia yang menyajikan kegagahan ombaknya untuk di’temani’. Dan banyak para peselancar selalu mencari sensasi ombak yang terkenal ganas dan menantang adrenalin. Untuk itu, perlu mengetahui tempat-tempat yang baik untuk berselancar, agar dapat menikmati sensasi yang tak terlupakan.

Indonesiatraveler.id mengangkat 4 destinasi wisata pantai nya yang sangat seru untuk diajak berselancar. Apa saja, yuk kita simak!

Pantai Lhoknga, Aceh
Pantai Lhoknga, Aceh dengan 5 titik spot Surfing

Pantai Lhoknga, Aceh

Pantai Lhoknga memiliki pesona yang sangat menakjubkan. Pesona yang ditawarkan pantai ini adalah gelombang ombaknya yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Dengan gelombang ombaknya ini, menjadikan Pantai Lhoknga sebagai salah satu tempat berselancar seru di Indonesia.

Setidaknya ada lima titik spot surfing, yang menjadi andalan bagi para peselancar lokal maupun internasional. Lima spot yang seru untuk menjajal skill berselancar seperti Cemara Right Point yaitu ombak kanan berjarak sekitar 300 meter dari pantai, Left Hander Point yaitu ombak kiri yang berjarak 300 meter dari bibir pantai, Peak Point yaitu ombak kanan dan kiri yang berjarak 300 meter dari pantai, Suri Point yaitu ombak kanan dan kiri yang berjarak 300 meter dari pantai, dan Out Side Right Hander yaitu Ombak kanan yang berjarak 500 meter dari pantai yang memiliki arus kuat dan berbahaya. Suri Point diambil dari nama seorang peselancar lokal yang tewas ketika Tsunami 2004 bernama Suri yang kemudian namanya diabadikan disini.

Menjelajahi dahsyatnya ombak di laut biru nan jernih ini, Pantai Lhoknga memiliki ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter. Sangat tepat bagi peselancar yang menjajal adrenalinnya.  Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah dan menakjubkan, berpadu dengan beberapa batuan, birunya air laut nan berkilau, serta deretan pohon kelapa dan pohon cypress yang membuat suasana pantai lebih sejuk dan menyenangkan.

Dan jangan lewatkan moment matahari terbenam yang sangat indah di pantai Lhoknga ini. Suasana sore hari di pantai yang jaraknya kira-kira 22 kilometer dari Banda Aceh ini, terasa damai dan menenangkan hati. Untuk mencapai ke pantai ini, Traveler bisa menempuhnya melalui jalur darat dari Banda Aceh selama 30 menit.

Pantai Bowele, Malang, Surganya Para Peselancar
Pantai Bowele, Malang, Surganya Para Peselancar

Pantai Bowele, Malang

Keindahan Pantai Bowele ini makin banyak dilirik para peselancar Indonesia maupun mancanegara setelah event Singhasari International Surfing Exhbition tahun 2016 lalu sukses diramaikan peselancar internasional dari Inggris, Australia, Jepang dan Jerman. Ombak yang dimiliki Pantai Bowele ini sangat cocok untuk peselancar pemula. Bahkan disini juga sedia surf school yang bisa melatih skill berselancar hingga tingat profesional.

Nama Pantai Bowele sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari deretan pantai yang ada di Tirtoyudo, yaitu Pantai Bolu-bolu, Pantai Wedi Awu dan Pantai Lenggoksono. Tiap pantai menyajikan aktivitas berwisata yang berbeda. Traveler akan dimanjakan dengan adanya penginapan di area Pantai Bowele Malang ini.

Pantai Wedi Awu merupakan surga bagi para penikmat ombak dan peselancar. Konon, ombak di pantai ini memiliki gelombang yang sangat bagus untuk surfing. Tidak hanya itu, destinasi ini juga sangat aman untuk peselancar pemula. Kalau Pantai Bolu-bolu terkenal karena snorkeling spotnya yang berlimpah.

Meskipun pantainya bisa terbilang kecil, namun karena akses menuju pantai ini cukup sulit, baik melalui jalur laut dan darat, sehingga wisatawan tidak begitu banyak yang kesini, menjadikan pantai ini serasa pantai pribadi. Dan terakhir, Pantai Lenggoksono yang merupakan lintasan jalur darat untuk menikmati segarnya air terjun yang merupakan sebuah kombinasi yang asyik dan menarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Pantai Tanjung Setia, Lampung
Pantai Tanjung Setia, Lampung, photo by OpenTrip

Pantai Tanjung Setia, Lampung

Keindahan alam di Pantai Tanjung Setia ini masih sangat asri, perpaduan pohon palem yang berjejer indah dengan hamparan pasir putihnya yang memukau. Keindahan pantainya ini menjadi sempurna dengan gelombak ombak yang disukai para peselancar.

Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu pantai indah yang terletak di pesisir barat Provinsi Lampung yang terkenal dengan ombaknya yang bergulung gulung  besar namun rapi. Tak heran gulungan ombak ini menjadi daya tarik bagi para peselancar baik Indonesia maupun dari berbagai negara lainnya.

Kedahsyatan ombak ini hanya ada pada waktu-waktu tertentu saja, terutama di bulan Juni sampai Agustus. Yah, ombaknya cukup tinggi, bahkan arus gelombang airnya ini bisa mencapai  tujuh meter. Karena posisi Pantai Tanjung Setia ini berada di arus besar Samudera Hindia, menjadikan gelombang arus yang ada pun konstan.

Banyak para wisatawan yang sudah ke pantai ini menyamakan keindahan Pantai Tanjung Setia dengan pantai yang ada di Bali atau Lombok. Untuk mencapai lokasi pantai ini, Traveler harus menempuh waktu 6 sampai 7 jam dari Bandar Lampung.

Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat

Letak Kepulauan Mentawai ada di tengah Samudera Hindia membuat kepulauan ini dikelilingi alam laut yang mengagumkan dan sempurna untuk wisata bahari. Surfingn atau selancar sudah menjadi ikon dari kegiatan rutin di Kepulauan Mentawai ini, bahkan tak jarang kompetisi surfing berkelas internasional digelar disini. Ombaknya beragam dan menantang, bahkan beberapa gulungan ombaknya masuk dalam tingkat extreme.

Pulau Sipora adalah pulau terkecil yang ada di kepulauan Mentawai ini. Keindahan alam Pulau Sipora sungguh sangat menakjubkan, bahkan popularitas pantai yang terletak diantara Pulau Siberut dan Pulau Pagal ini ramai diperbincankan di kalangan para peselancar.  S

elain karena pesona alamnya, berupa jernihnya air laut dan putihnya pasir, Pulau Sipora juga terkenal karena ombak raksasanya yang cocok untuk olahraga berselancar. Berbagai variasi jenis ombak dapat ditemukan disini, contohnya yaitu ombak panjang dan bergulung maupun gelombang dengan interval lebih lama dan konsisten.

Bagi Traveler yang mencari tempat berselancar yang baik, beberapa pilihan tersedia termasuk Lance’s Left and Hollow Trees (dikenal dengan gelombang silinder terkenal yang disebut right tube). Namun, tidak disarankan bagi pemula karena gelombangnya sangat berbahaya. Pilihan lainnya adalah Iceland, Telescope, dan Scarecrows yang juga dianjurkan untuk menikmati surfing. Traveler dapat mengunjungi Pantai Sipora dengan menaiki kapal motor dari pelabuhan di kota Padang.(Raditya)