Keindahan nan Eksotis Pulau Cubadak

Pulau Cubadak, sebuah pulau yang sudah terbalut keindahan yang hakiki, yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan provinsi Sumatra Barat, tepatnya terletak di Kawasan Wisata Mandeh, 40 kilometer di sebelah selatan Padang dan 5 km dari pantai. Keindahan dan kecantikan yang dimiliki pulau ini sangat luar biasa menakjubkan, pulau ini pun memiliki segalanya sehingga tak heran julukan sebagai surga bahari Indonesia begitu melekat pada Pulau Cubadak ini. Rasa penasaran ingin merasakan sensasi keindahan wisata Pulau Cubadak begitu besar bagi banyak wisatawan, termasuk dari mancanegara. Yah, kecantikan pulau ini memang sudah tercium ke berbagai negara, apalagi setelah wisatawan asal German, beberapa tahun lalu pernah membuat sebuah film dokumenter tentang segala keindahan Pulau Cubadak. Berawal dari film tersebut, banyak media internasional berdatangan ingin meliput pulau yang posisinya terlindung di teluk ini. Posisi ini pun membuat aman pantai dan pulau ini dari angin yang kencang dan arus deras dari Samudera Hindia. Karena itulah perairan pulau ini sangat tenang sehingga para pengunjung dapat aman dan nyaman menikmati laut dan pantainya.

Pulau Cubaduk terletak di Painan, Sumatera Barat dengan memiliki luas wilayah kurang lebih 5.749 km persegi. Pulau ini juga banyak dikelilingi beberapa pulau kecil lainnya, membuat kawasan Pulau Cubadak dianugerahi pemandangan yang sangat menakjubkan. Pulau Cubadak yang dulunya terpencil dan hampir tidak tersentuh ini, banyak memiliki keistimewaan yang asyik ditekuni selama mengisi liburan disini. Pulau yang terletak di samudera India ini, menjadi pemisah antara pantai barat Sumatra dan kepulauan Mentawai. Suhu air laut konstan 29 ℃ hingga sejauh 30 meter ke bawah permukaan. Iklim yang sejuk sepanjang tahun memungkinkan wisatawan dapat menyelam atau snorkeling kapan saja. Tak hanya itu, berbagai aktifitas yang dapat dinikmati seperti berselancar, berlayar, hingga ski air pun juga asyik dilakukan disinni. Ombak lautnya yang tenang, membuat Traveler merasa nyaman menikmati panorama alam bawah lautnya yang sangat memukau. Keindahan terumbu karangnya yang sangat orisinil serta wara-wiri beraneka ragam ikan-ikan laut nan cantik dan menggemaskan, jadi keasyikkan tersendiri yang pantang dilewati. Secara geologi, dahulu Pulau Cubadak ini adalah kawasan kawah, sehingga kekayaan bawah laut sekitar pulau begitu melimpah. Aneka jenis terumbu karang dan biota laut begitu mudah ditemukan. Sehingga banyak para penyelam dunia datang mengunjungi surga bahari ini.

Pulau Cubadak1

Keindahan panorama bawah lautnya memang asyik dan mengagumkan, Traveler dapat menemui berbagai macam spesies karang dan spons, diantaranya Sea fans, koral pipa, koral gelembung, dan spons tong. Kelimpahan nutrisi di laut serta beragamnya karang, berkontribusi pada keanekaragaman hayatinya. Untuk ikan, Traveler dapat bercengkerama dengan berbagai spesies ikan, kura-kura, krustasea, dan nvertebrata. Sebagian besar spesies ikan karang tropis juga dapat dilihat di sini, mulai dari ikan kerapu hingga ikan penyengat, ikan badut, bibir manis oriental, trevallies, barakuda dan lainnya. Lokasi penyelaman ini terlindung dari arus tengah laut gugusan kepulauan Mentawai. Hal ini menyebabkan spesies pelagis besar tidak lazim di sini.

Selain keindahan itu, Pulau Cubadak juga keren dengan pemandangan lainnya. Jika beruntung, Traveler juga dapat menikmati indahnya panorama pelangi dari pulau ini yang begitu menghanyutkan jiwa kala memandangnya. Bagi yang ingin menikmati kesendirian sambil menatap keindahan alam Pulau Cubadak ini, Traveler dapat memilih naik perahu kecil. Dengan kondisi laut yang jernih dan tenang, ‘ritual’ asyik ini sungguh sangat mengesankan.

Cubadak Paradiso Village

Pulau Cubadak memang termasuk pulau kecil yang tak berpenghuni, namun demikian, pulau ini telah dilengkapi dengan fasilitas resort bernama “Cubadak Paradiso Village”. Penginapan yang berkelas dengan standart bintang 5 ini, memiliki fasilitas dan sarana penunjang yang sangat lengkap. Di resort ini, dengan 14 bungalownya dan satu dibangun di atas air, memadukan arsitektur tradisional Minangkabau. Hal ini pun sudah menjadi daya tarik tersendiri.

Pulau Cubadak3

Namun jika Traveler tidak ingin menginap, masih bisa dapat berwisata ke pulau ini, asalkan dengan tetap menjaga etika dan saling menghargai tamu-tamu resort yang menginap disana. Jika bukan tamu resort, bila ingin berjalan di sekitar kawasan pantai, lebih baik ijin terlebih dahulu pada pihak pengelola. Untuk lebih mudahnya, sebaiknya menggunakan jasa travel lokal yang sudah banyak memberikan paket wisata Pulau Cubadak dengan harga yang kompetitif. Sehingga wisata pun berjalan aman dan nyaman.

Di pulau ini, banyak terdapat monyet ekor panjang, babi hutan, kadal dan beberapa spesies ular. Namun, hewan-hewan ini tidak agresif bahkan cenderung menjauh dan menghindari kontak dengan manusia. Karena alami dan bersih lingkungan pulaunya, air disini dapat diminum langsung. Air bersih ini juga dialihkan ke resort dari sumber di bukit. Jangan takut, karena kualitas air alam ini telah diuji dan diukur di Eropa Barat dan di Indonesia dan izin pembotolan dan penjualan diperluas ke resort.

Pulau Cubadak4

Pulau Cubadak berlokasi di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaen Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Pulau ini merupakan salah satu dari beberapa pulau di dalam Teluk Mandeh. Untuk mencapai pulau ini, Traveler dapat memilih penerbangan ke Bandara Minangkabau, Padang. Dari Bandara Minangkabau ini, bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum. Ada banyak kendaraan umum menuju ke kawasan wisata Pulau Cubadak. Pilih ke arah Pantai Carocok, Kota Painan. Dari Pantai Carocok lanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Akses lain yang bisa digunakan adalah dari arah Pelabuhan Mandeh. Pelabuhan ini terletak di Kabupaten Pesisir Utara. Dari pelabuhan ini, Traveler dapat menggunakan kapal wisata dimana hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit saja.(Raditya)